Senin, 10 Desember 2012

belajar aplikasi sketchup

BAB I

PENDAHULUAN


Seiring dengan lajunya perkembangan teknologi informasi global dewasa ini, maka otomatis tuntutan terhadap penggunaan teknologi mutlak sangat diperlukan. Adapun salah satu wujud teknologi yang sekarang sedang berkembang pesat adalah GOOGLE SKETCHUP  dan berbagai versi SKETCHUP lainnya.

Berbantuan Komputer, di mana tujuannya adalah untuk mempermudah para designer dan drafter untuk mengkreasikan idenya ke dalam bentuk gambar. Sketchup merupakan sebuah program yang sangat terkenal dan familier dewasa ini, karena menawarkan berbagai kemudahan dan keunggulan yang bisa mempermudah kerja designer dan drafter dalam memvisualisasikan ide dan gagasannya.

Sketchup adalah sebuah program aplikasi ( software ) yang digunakan untuk menggambar dan mendisain gambar, seperti gambar arsitektur, mesin, sipil, elektro dan lain-lain, di mana program Sketchup mempunyai kemudahan dan keunggulan untuk membuat gambar dengan cepat dan akurat serta bisa digunakan untuk memodifikasi gambar dengan cepat pula.

Fasilitas yang dimiliki Sketchup untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi sangat lengkap, sehingga hal ini membawa Sketchup menjadi program disain terpopuler dibandingkan dengan program-program yang lain dewasa ini.

KEBUTUHAN PERANGKAT KERAS UNTUK MENJALANKAN

PROGRAM SKETCHUP


Sketchup yg umum dipakai saat ini minimal Sketchup Release 2000.

Agar bisa dijalankan dengan nyaman dibutuhkan perangkat keras yang

direkomendasikan untuk menjalankan program Sketchup 2000 tersebut Adapun

kebutuhan perangkat keras yang direkomendasikan adalah :

· Pentium 133 atau lebih tinggi (atau prosessor kompatibel lain).

· Ruang kosong hard-disk 130 MB dan 64 MB untuk ruang swap.

· RAM minimal 32 MB, tetapi lebih dianjurkan 64 MB ke atas.

· Tampilan resolusi layar VGA 1024 x 768 (minimal VGA 800 x 600).

· System operasi Windows® Millenium, Windows 98, Windows 95,

   NT® 4.0 atau Windows 2000.

· Disk drive 3 1/2" (Sekarang mulai ditinggallkan, beralih ke USB)

Mouse atau digitizer dengan driver Wintab.

· Printer atau Plotter ( alat pencetak ).

TAHAPAN UNTUK MENJALANKAN PROGRAM Sketchup

Program Sketchup bisa dijalankan setelah masuk ke dalam sistem -

operasi Windows terlebih dahulu. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

· Komputer dihidupkan,

· Kemudian masuk ke dalam sistem operasi Windows,

    tombol Start yang terletak pada taksbar,

· Klik program, setelah tampil menu pilih Sketchup, kemudian dalam grup

   pilih grup Sketchup di dalamnya.

  Atau klik dua kali ( dobel ) pada icon Sketchup.


BAB II

KONSEP DASAR PENGGUNAAN SKETCHUP

Untuk bisa menjalankan program Sketchup, hal mendasar yang harus dikuasai adalah pengetahuan tentang tampilan layar Sketchup  Karena kita tidak bisa mengoperasikan program Sketchup dengan baik,tanpa mengetahui elemen-elemen yang ada dalam layar tersebut. Adapun elemenelemen tersebut dapat dilihat pada tampilan ayar Sketchup sebagai berikut :

 Setelah itu,yang terpenting adalah mengetahui apa fungsi-fungsi kegunaan tool yang pada sketchup :

1. LINE

Untuk membuat sebuah garis dengan cara menentukan dua buah titik ujung,

dimana ujung dari garis sebelumnya merupakan titik awal dari garis

berikutnya.       

2. RECTANGLE

Rectangle adalah perintah untuk membuat kotak dengan cara menentukan

titik diagonal. Rectangle dibuat dari Polyline, yaitu obyek yang semua

segmenya merupakan satu besaran.

3. ARC

Arc adalah perintah untuk membuat busur lingkaran atau garis - lengkung.

4. CIRCLE

Circle adalah perintah untuk membuat lingkaran atau objek bulat yang

tertutup.

5.MOVE

            Untuk memindahkan objek

6.ERASER

            Untuk menghapus garis,atau objek

7.PAINT BUCKET

            Untuk mewarnai

8.TEXT

            Untuk memberi tulisan

Dan lain-lain.

MENGHITUNG SKALA CETAK

Skala cetak mempunyai peran yang sangat penting bagi gambar-gambar berskala tertentu, sebab perbedaan ukuran gambar bisa menyebabkan melesetnya beberapa perhitungan desain dan perkiraan biaya. Hal yang sangat penting diperhatikan dalam pencetakan adalah penghitungan skala cetak yang tepat. Apapun jenis satuan panjang yang kita gunakan (cm, m, km ) tidak jadi masalah yang penting adalah pada saat mencetak satuan tersebut di-konversikan ke dalam millimeter.

Satuan gambar di layar (mm) = Skala gambar

Misalnya skala gambar denah 1:100, gambar tersebut dengan satuan meter (1 unit

di Iayar = 1m). Maka konversikan dulu 1 m = 1000 mm. Jadi skala cetak adalah

1000 = 100, di mana 1000 adalah hasil konversi dari meter ke millimeter dan 100

merupakan skala gambar yang digunakan.